Dalam menghadapi Era Industri 4.0, perguruan tinggi telah melaksanakan penyesuaian kurikulum berikut pelaksanaan perkuliahan secara daring maupun luring. Menyikapi hal ini, Jurusan Kimia FMIPA UNP mengadakan workshop penyusunan perangkat perkuliahan berupa RPS, bahan ajar dan evaluasi berbasis model Project-based Learning (PjBL) dan Case Method bagi dosen-dosen Jurusan Kimia dengan ketua pelaksana yaitu Ibu Dr. Yerimadesi, S.Pd, M.Si. Workshop yang diadakan selama tiga hari dari 26-28 Maret 2021 di Mess UNP Bukittinggi dibuka secara resmi oleh dekan FMIPA yang diwakili oleh Bapak Alizar, S.Pd, M.Sc, Ph.D selaku Wakil Dekan 1 dan diikuti oleh dosen-dosen dari kedua prodi (Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia) di Jurusan Kimia FMIPA UNP.

PjBL dan Case Method adalah model pembelajaran yang bersifat student-centered. Dalam model ini, mahasiswa diarahkan untuk melakukan perumusan atau perencanaan kegiatan dalam rangka menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah. Dengan bantuan dosen sebagai fasilitator, mahasiswa diharapkan menjadi lebih kritis dan kreatif serta mempunyai otonomi atas pembelajaran mereka sendiri.

Workshop penyusunan perangkat perkuliahan Kurikulum 2020 ini dimulai dengan pengarahan dari Ibu Fitri Amelia, M.Si, Ph.D selaku ketua Prodi Pendidikan Kimia sekaligus ketua Jurusan Kimia dan dari Bapak Budhi Oktavia, M.Si, Ph.D selaku ketua Prodi Kimia. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi tentang model pembelajaran oleh Ibu Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si diikuti oleh diskusi dengan dosen-dosen peserta workshop. Pada hari kedua, penyusunan RPS, bahan ajar dan evaluasi dilakukan oleh dosen-dosen dalam Kelompok Bidang Kajian (KBK) untuk semua mata kuliah wajib di Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia. Pada hari ketiga, presentasi dilakukan oleh perwakilan kelompok bidang kajian yang diikuti dengan saran dan pertanyaan dari dosen-dosen peserta demi kesempurnaan perangkat perkuliahan yang disusun. Kerjasama antara dosen-dosen dalam tim KBK di jurusan Kimia telah membuat kegiatan workshop berjalan dengan baik. Rencananya, perangkat perkuliahan Kurikulum 2020 ini akan diunggah ke website resmi Jurusan agar dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Kimia FMIPA UNP dengan mudah.

Dokumentasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment