Departemen Kimia FMIPA UNP Gelar Kuliah Umum Hari Kedua Bersama Dosen USM

Padang, 21 September 2021

Rangkaian kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan oleh Departemen Kimia FMIPA UNP berlanjut pada hari kedua, 21 September 2022. Bertempat di Aula FMIPA UNP, Dosen dan peneliti dari School of Chemical Sciences Universiti Sains Malaysia (USM), Associate Professor Dr. Noor Hana Hanif Binti Abu Bakar, memberikan kuliah dengan tajuk “Characterization Tools and their Role in Understanding Materials to Address Environmental Pollutants”.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa Dosen dan mahasiswa Departemen Kimia Universitas Negeri Padang. Dalam sambutannya, Sekretaris Departemen Kimia, Edi Nasra meminta mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kuliah umum ini dengan seksama sehingga bisa dijadikan rujukan sebagai implementasi berbagai mata kuliah yang telah dan sedang dijalani. Selain itu, Beliau juga berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan forum ini untuk menggali semaksimal mungkin terkait topik yang akan dibawakan oleh pemateri.

Dalam presentasinya, Associate Professor Dr. Noor Hana Hanif Binti Abu Bakar menjabarkan berbagai instrumen yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Beberapa instrument yang dibahas adalah Transmission Electron Microscope (TEM), Scanning Electron Microscope (SEM), dan X-ray Difraction. Pemateri menjelaskan terkait fungsi instrumentasi, prinsip kerja, preparasi sampel dan interpretasi spektrum. “Ketiga instrument tersebut dapat digunakan dalam menentukan struktur kristal, menentukan ukuran partikel dan menentukan struktur polimer yang akan berperan penting dalam penelitian terkait polusi lingkungan” ujar Associate Professor Dr. Noor Hana Hanif Binti Abu Bakar.

Lebih lanjut, Beliau menjabarkan terkait tahapan yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah kontaminasi organic berupa zat warna yang terdapat dalam air. Menurut Beliau, terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah tersebut, yaitu pendekatan fisika dan pendekatan kimia. Berkaitan dengan pendekatan kimia, pemateri menjelaskan terkait peranan nanokomposit untuk merubah kontaminasi organikm sehingga menjadi lebih ramah lingkungan. Hasil penelitian dari Associate Professor Dr. Noor Hana Hanif Binti Abu Bakar berkaitan dengan nanokomposit dalam menanggulangi limbah organik ini telah dipublikasikan pada berbagai jurnal terindeks Scopus.

Pada akhir sesi, mahasiswa memberikan beberapa pertanyaan kepada narasumber seperti kemungkinan untuk kolaborasi, kemungkinan melanjutkan studi ke USM dan pertanyaan terkait topik yang dipresentasi. Pemateri terlihat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa tersebut.