Seminar Konversi Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia
Padang, 7 November 2021
Artikel ilmiah adalah salah satu karya yang berbentuk desiminasi hasil penelitian. Publikasi artikel ilmiah di jurnal yang terdaftar di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI serta lembaga pengindeks nasional dan/atau internasional merupakan keinginan dari banyak peneliti. Bagi mahasiswa UNP, publikasi artikel merupakan syarat untuk melaksanakan ujian komprehensif penentu kelulusan studi sarjananya. Namun sebagai pemula, menulis artikel yang bagus secara efektif belum tentu menjadi hal yang mudah bagi mahasiswa. Seminar Konversi Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia bertujuan untuk membantu mahasiswa menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar dengan teknik yang efektif.
Kegiatan yang diketuai oleh Guspatni, M.A ini diadakan pada Minggu, 7 November 2021 secara luring di Auditorium Fakultas MIPA UNP. Kegiatan ini disambut dan dibuka oleh Ketua Jurusan Kimia Fitri Amelia, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau mengatakan pentingnya kegiatan ini untuk mahasiswa karena publikasi artikel merupakan salah satu bukti prestasi yang dapat dibanggakan mahasiswa.
Adapun materi konversi skripsi menjadi artikel ilmiah diberikan oleh Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan aturan penulisan artikel, komponen utama artikel, dan bagaimana berpuluh halaman skripsi dapat direduksi menjadi belasan halaman artikel ilmiah. Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si juga menyetujui tentang pentingnya keterampilan mencari referensi yang bagus dan terpercaya untuk artikel ilmiah yang sudah diberikan oleh Dr. rer. nat. Deski Beri, M.Si.
Dua jurnal pendidikan yang dikelola oleh Jurusan Kimia juga diperkenalkan dalam kegiatan ini. Guspatni, M.A selaku Editor-in-Chief Entalpi Pendidikan Kimia menjelaskan tata cara registrasi dan submission ke jurnal ilmiah dan proses editorialnya. Eka Yusmaita, M.Pd selaku Editor-in-Chief Edukimia melanjutkan materi tentang temuan-temuan dalam artikel yang masuk ke jurnal sehingga kedepannya mahasiswa dapat mempublikasi artikel yang baik dan benar sesuai dengan proses editorial yang telah dijadwalkan.
Setelah istirahat siang, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan workshop menilai artikel kimia yang dipandu oleh Dr. Fajriah Azra, M.Si, Fauzana Gazali, M.Pd dan Trisna Kumala Sari, Ph.D. Sebanyak 29 mahasiswa terdaftar mengikuti kegiatan ini dengan seksama. Untuk menghargai partisipasi mahasiswa ini, mereka akan diberikan sertifikat pelatihan setelah mengupload file penilaian artikel dan file draft artikel berisi komponen-komponen penting yang disesuaikan dengan template jurnal Edukimia dan Entalpi Pendidikan Kimia. (GP)